5 Hal yang Harus Dipertimbangkan Sebelum Mengambil Jurusan Teknik Informatika

0
Hal yang Harus Dipertimbangkan Sebelum Mengambil Jurusan Teknik Informatika-min
gambar oleh shutterstock.com

Dengan cepatnya pertumbuhan teknologi informasi, kebutuhan akan profesi IT di Indonesia semakin meningkat. Tak heran jika jurusan Teknik Informatika akhir-akhir ini kian digemari dan diminati calon mahasiswa baru. Selain prospek kerja yang luas, mengambil jurusan kuliah juga perlu mempertimbangkan berbagai faktor lain. Sebab jurusan kuliah dapat memberi pengaruh keseriusan kita nantinya sebagai mahasiswa dalam menjalani kehidupan kuliah.

Lalu, apa alasan kalian berniat untuk kuliah jurusan Teknik Informatika? Apakah cuma ikut tren aja, ikut-ikutan temen atau memang kalian menyukai dunia IT? Nah, sebelum kalian memilih jurusan Teknik Informatika, kalian harus pertimbangkan 5 hal berikut agar dapat memantapkan niat kalian.

1. Apakah Sesuai dengan Minat dan Bakat Kalian?

Hal yang Harus Dipertimbangkan Sebelum Mengambil Jurusan Teknik Informatika 1-min
gambar oleh shutterstock.com

Hal yang harus dipertimbangkan pertama kali saat mengambil jurusan Teknik Informatika yaitu apakah jurusan Teknik Informatika cocok dengan minat dan bakat kamu kalian? Minat dan bakat yang kalian miliki ini sangatlah penting dalam membantu kalian untuk menyesuaikan diri ketika kegiatan perkuliahan dimulai.

Untuk bisa mengerti apakah kalian akan cocok atau tidak dengan jurusan Teknik Informatika yaitu dengan cara meninjau mata kuliah apa saja yang ada di jurusan Teknik Informatika. Dari peninjauan mata kuliah ini, kalian bisa mempunyai gambaran apa saja makanan kalian sehari-hari di perkuliahan nantinya.

Tapi bukan berarti kalian wajib menguasai seluruh mata kuliah yang diberikan loh. Setidaknya kalian tahu, berapa banyak mata kuliah yang cocok dengan diri kalian. Tapi wajar kok, kalau terdapat beberapa mata kuliah yang kurang begitu menarik dengan minat dan bakat yang kalian punya. Kalian bisa fokus ke mata kuliah yang cocok dengan diri kalian sendiri. Misal fokus ke artificial intelligence, computer network, software engineering atau multimedia system.

2. Apa yang Menjadi Tujuan Kalian?

Pertimbangan berikutnya yang cukup penting sebelum mengambil jurusan Teknik Informatika yaitu dengan kembali menegaskan tujuan kalian. Apa sih yang menjadi dasar dalam memilih jurusan Teknik Informatika dibandingkan jurusan yang lain?

Kuat atau lemahnya niat yang kalian miliki dapat memberi pengaruh banyak hal yang terjadi selama perjalanan kuliah kalian nantinya. Ketika memilih jurusan, kalian bisa saja mengambil jurusan Teknik Informatika karena nurut perintah dari orang tua atau karna prospek kerja lulusan Teknik Informatika luas dan menjanjikan. Tak sedikit kasus juga karena mengikuti saran teman dekat atau teman yang sudah mengambil jurusan ini.

Lebih baik lagi kalau kalian sudah mencari tahu tentang bagaimana prospek kerjanya, apa saja yang diperlajari, dan peluang apa saja yang bisa kalian peroleh setelah lulus nanti. Dengan demikian, kalian bisa mempertimbangkan tujuan apa yang ingin digapai setelah lulus nanti dan mempunyai rasa tanggung jawab untuk menuntaskan kuliah serta memastikan karirmu kedepannya.

3. Siapkah Kalian Up-to-date Terhadap Perkembangan Teknologi?

Mahasiswa Teknik Informatika harus up-to-date terhadap perkembangan teknologi. Contoh saja ketika ada perkembangan bahasa pemrograman, kalian sebagai mahasiswa Teknik Informatika harus siap untuk mempelajarinya. Mahasiswa Teknik Informatika sangat penting untuk peka pada perkembangan teknologi yang terjadi saat ini. Sebab kepekaan inilah yang bisa membantu dan mendukung kesuksesan perkuliahan yang kalian jalani nanti.

Jika bahasa pemrograman yang kalian pelajari mengalami pembaruan, maka disetiap pembaruan tersebut terkadang terdapat sintaks atau kode program yang mengalami perubahan juga. Maka dari itu, kalian mesti up-to-date agar tak tertinggal. Sehingga kalian tak perlu memulai belajar banyak hal lagi untuk mengejar ketertinggalan kalian dalam mengikuti perkembangan teknologi.

Peka terhadap perkembangan teknologi ini gak cuma dilakukan ketika kalian masih berstatus sebagai mahasiswa saja, jika kalian sudah lulus nanti kalian juga harus tetap mengikuti perkembangan teknologi yang ada.

4. Siapkan Kalian Berkutat dengan Matematika dan Logika?

Hal yang Harus Dipertimbangkan Sebelum Mengambil Jurusan Teknik Informatika 2-min
gambar oleh shutterstock.com

Mahasiswa jurusan Teknik Informatika banyak menghabiskan waktunya untuk mendalami pemrograman, sebab memang kurikulum Teknik Informatika akan lebih berpusat pada sisi perangkat lunak. Pemrograman itu sendiri adalah perwujudan dari algoritma yang terdiri dari matematika dan logika.

Pada dasarnya Teknik Informatika adalah turunan dari bidang Matematika Komputer. Jadi, siapkah kalian bergelut dengan matematika dan logika? Sekitar 20-30 persen lebih dari mata kuliah yang akan dipelajari di perkuliahan masih berhubungan dengan matematika dan logika. Seperti mata kuliah kalkulus, matematika diskrit, metode numerik, statistika, aljabar dan vektor, logika informatika dan strategi algoritma. Belum lagi mata kuliah lain yang membutuhkan pengetahuan matematika dan logika seperti kriptografi, data mining, AI dan lain sebagainya.

Untuk menjadi seorang programmer atau developer, kalian tidak diwajibkan pintar dalam matematika. Tapi, kalau kalian mempunyai kemampuan matematika maka akan menjadi nilai lebih buat kalian. Meskipun kalian tidak menyukai mata kuliah matematika, mau tidak mau kalian akan berjumpa dengan matematika di jurusan Teknik Informatika.

5. Mampukah Kalian Bertahan?

Pertimbangan terakhir yaitu mampukah kalian untuk bertahan menjalani perkuliahan? Menjadi mahasiswa Teknik Informatika tidak cukup mudah untuk dijalani. Tugas-tugas yang diberikan nantinya akan menyita waktu dan fokusmu. Tugas akan berbentuk projek aplikasi atau software yang wajib kalian kerjakan.

Siapkah kalian begadang untuk menyelesaikan kode program dan mencari dimana letak logika atau perintah yang salah atau error? Siapkah kalian untuk menghabiskan lebih banyak waktu untuk duduk di depan komputer dalam membangun sebuah aplikasi?

Mulailah dengan mencari info mengenai jurusan Teknik Informatika, baik dari internet, alumni, atau dari kakak kelas. Persiapkan diri dengan serius, termasuk memperkuat mentalmu. Sehingga kalian tidak seperti kebanyakan kasus mahasiswa yang mundur di tengah jalan karena terlambat menyadari bahwa dirinya tak cocok berada di jurusan Teknik Informatika.

Mengambil jurusan Teknik Informatika adalah hak setiap calon mahasiswa. Tapi kalian mesti tahu kalau setiap jurusan kuliah punya karakter tertentu dan sebaiknya disesuaikan dengan karakter masing-masing individu. Karakter ini dapat memberi pengaruh mahasiswa untuk lebih cepat menyesuaikan diri dengan lingkungan jurusan yang dia pilih, sehingga selama menjalani kuliah akan lebih maksimal.

Tidak ada tolak ukur yang bisa memastikan secara pasti apakah kita cocok masuk jurusan Teknik Informatika atau tidak. Semuanya tergantung pada diri kalian sendiri, bagaimanapun cuma kalian yang tahu apa yang menjadi minat, bakat, passion, potensi dan cita-cita kalian. Pertimbangkanlah 5 hal tadi secara seksama, agar nanti ketika kalian mengambil jurusan Teknik Informatika tak menyesal dikemudian hari.

Yuk, share apa yang menjadi alasan kalian untuk mengambil jurusan Teknik Informatika di kolom komentar. Bagi kalian yang sudah berkuliah dan menjadi mahasiswa Teknik Informatika share juga pengalaman kalian waktu menjalani masa perkuliahan di kolom komentar.